Jumat, 16 April 2010

Ancaman-ancaman (threats) yang dilakukan melalui IT

Sebelumnya saya ingin menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari Teknologi informasi, Teknologi informasi adalah bidang yang sangat berkembang pada saat ini, salah satunya pada bidang perbank an, bank adalah salah satu tempat sentralisasi yang sangat berguna untuk menyimpan uang atau harta kekayaan.Ada pula ancaman yang sering terjadi di dunia perbankan adalah kasus ATM, modusnya adalah mengambil saldo yang ada di ATM nasabah tiba-tiba berkurang padahal nasabah tersebut tidak di ambil atau tidak di gunakan. Oleh karena itu diharapkan bagi para nasabah atau pengguna ATM harus berhati-hati apabila hendak mengambil uang di ATM,Karena sekarang ini banyak sekali kejahatan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.Maka dari itu sebelum melakukan transaksi pengambilan uang atau melakukan transfer, sebaiknya memeriksa keadaan sekitar.
Cybercrime
Perkembangan Internet dan umumnya dunia cyber tidak selamanya menghasilkan hal-hal yang postif. Salah satu hal negatif yang merupakan efek sampingannya antara lain adalah kejahatan di dunia cyber atau disebut juga dengan nama cybercrime. Hilangnya batas ruang dan waktu di Internet mengubah banyak hal. Sebagai contoh adalah seseorang cracker di Rusia dapat masuk ke sebuah server di Pentagon tanpa ijin.

Kejahatan pada Cybercrime :
  1. Membajak situs web orang lain, kejahatan seperti ini hanya mengubah halaman web orang lain, atau bisa disebut juga dengan istilah deface. Pembajakan dapat dilakukan dengan mengeksploitasi lubang keamanan.
  2. Port Scanning Salah satu langkah yang dilakukan cracker sebelum masuk ke server yang ditargetkan adalah melakukan pengintaian.Sebagai contoh, hasil scanning dapat menunjukkan bahwa server target menjalankan program web server Apache, mail server Sendmail, dan sebagainya.
  3. Virus adalah suatu program yang bisa menginfeksi atau merusak suatu sistem yang ada dalam komputer.Penyebaran umumnya dilakukan dengan menggunakan email.Jenis-jenis virus yang sering kita temui dalam komputer yaitu : Virus Trojan, Worm, Spyware, dan lain-lain.
KESIMPULAN:
Bahwa kejahatan (threats) dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun, Dalam berbagai cara sehingga para pengguna dituntut untuk selalu waspada dan berhati- hati dalam melakukan kegiatan di dunia internet khususnya yang berkaitan dengan privacy. Karena di era sekarang banyak sekali seorang yang ingin membuat suatu sistem atau program menjadi kacau.

Sumber :
wartawarga.gunadarma.ac.id/jenis-jenis-ancaman-threats-melalui-it-dan-contoh-kacus-kejahatan-komputer-cybercrime/
http://keamananinternet.tripod.com/pengertian-definisi-cybercrime.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar