Jumat, 16 April 2010

Pengertian sekaligus Ciri - Ciri Profesionalisme

Sebelum saya menjelaskan ciri-ciri dari Profesionalisme, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari Profesional dan Profesionalisme.
Profesional adalah Seseorang yang melakukan aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan untuk mendapatkan sesuatu atau memberi dengan mengandalkan pengetahuan,ketrampilan atau keahlian sekalipun, dengan melibatkan suatu prinsip hidup yang selalu dipegang.

Profesionalisme adalah Lebih mengarah pada karaketer atau sikap yang dimiliki dari seorang yang profesional.

Nilai yang kita perlu tingkatkan adalah profesionalisme dalam bermasyarakat, berorganisasi.
Tahukah bahwa dunia mencari orang-orang yang profesional bahkan mereka berani bayar mahal untuk itu. Kalau dari sekarang kita mulai mengembangkan profesionalisme maka beberapa waktu dari saat ini kita akan memiliki kehidupan yang berkualitas tinggi.

Tanpa profesionalisme sebuah institusi, sebuah organisasi, sebuah perusahaan tidak akan bertahan lama dan langgeng, karena jiwa profesionalisme inilah yang menghidupkan setiap aktivitas-aktivitas yang ada didalamnya.
Julukan profesional sebenarnya bukan label yang kita berikan untuk diri sendiri melainkan penilaian orang lain atas kinerja dan peforma yang kita tampilkan.

Ciri-ciri Profesionalisme :
1. Memiliki ketrampilan atau keahlian dalam bidang TI
2. Mahir dalam membangun hubungan.
3. Memiliki nilai moral yang tinggi
4. Mempunyai Fokus
5. Memiliki Kode etik
6. Kehidupan yang seimbang.
7. Selalu menghasilkan yang terbaik

Setiap bidang profesi memiliki aturan yang mengatur seorang profesional berfikir dan bertindak. Kode Etik di mata hukum yaitu Sangsi yang dikenakan adalah mulai dari yang ringan, sampai pada pencabutan ijin praktek, bahkan hukuman pidana. Salah satu bidang profesi, Information Technology (IT) bukan pengecualian, diperlukan peraturan-peraturan yang mengatur bagaimana para IT professional melakukan kegiatannya. Kode Etik khusus yang ditujukan kepada IT Profesional di Indonesia agar software engineer (IT profesional) mememiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga agar profesinya .

Definisi konsisten dengan kepentingan publik dalam kasus ini adalah agar kita membangun suatu software flight control yang reliable dan sesuai dengan fungsinya.Dalam prakteknya, seorang profesional IT bisa dihadapkan pada suatu kondisi yang bertolak belakang antara kepentingan satu aktor dengan kepentingan aktor lainnya. Selain hal tersebut merupakan bentuk pertanggung-jawaban moral sebagai profesional di bidangnya.

http://blog.simetri.co.id/?p=4
http://davidsunarko.blogspot.com/2008/02/ciri-ciri-profesional.html
http://www.haryantokandani.com/profesionalisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar